Apakah anda tahu dimana SMA Budi Mulia Dua itu?

Kamis, 03 Juni 2010

Review Buku Sains

KEHIDUPAN TUMBUHAN LAUT
Indonesia adalah sebuah Negara kepulauan. Jumlah pulaunya lebih dari 17.000 buah yang terbentang di sepanjang khatulistiwa. Luas daratannya hampir 2 juta km². Luas lautnya mencapai 6 juta km². Panjang pantai Negara Indonesia sekitar 81.000 km. Nampaknya jelas bahwa Negara kita adalah Negara bahari. Tetapi sayangnya, bangsa kita berorientasi pada daratan. Kemudian kota – kota besar pun dibangun sangat megah dan itu sangat berorientasi pada daratan. Laut bagi Negara kita adalah jalan raya alam yang menghubungkan satu pulau dengan pulau lain. Kita hanya perlu mengembangkan transportasinya.
Negara kita mengandung banyak kekayaan, seperti ikan, rumput laut, mutiara, dll. Terumbu karang un sangat banyak jumlahnya. Hal ini dapat membuat pariwisata bahari. Banyak orang menggantungkan hidupnya dengan membudidayakan ikan, rumput laut, dll. Misalnya rumput laut, kita dapat memngolah rumput laut menjadi agar – agar yang seratnya tinggi. Jenis yang bisa dibuat agar – agar adalah Gracillaria Sp. Nantinya agar – agar di proses menjadi bubuk yang di bungkus dan dipasarkan ke berbagai tempat. Kemudian jika dimasak akan menjadi agar – agar yang lezat. Di laut ada dua kelompok tumbuhan laut. Yang pertama adalah rumput laut dan yang kedua adalah ganggan laut. Rumput laut hanya ada satu jenis yaitu eelgrass. Ganggang laut dikelompokkan menurut warnanya seprti ganggan hijau, ganggang merah, ganggang coklat, ganggang biru, ganggang emas, dan ganggang api.
Eelgrass adalah tumbuhan yang tumbuh di dasar laut. Akarnya tertanam dalam sedimen atau endapan di dasar laut. Kumpulan eelgrass membentuk padang eelgrass.Eelgrass memiliki daun berwarna hijau tua, bentuknya panjang dan sempit seperti pita dengan ujung daun bulat. Tinggi rumput laut mencapai 20 – 30 cm. Akar pada rumput laut yaitu akar rhizome. Akar ini rongga udara. Rongga udara ini yang membuat rumput laut dapat bergerak mengikuti arus air. Eelgrass mempunyai bunga. Tetapi berbeda dengan tumbuhan lainnya yang hidup didarat untuk melakukan penyerbukan dengan bantuan hewan. Kalau rumput laut, bunganya tidak dapat menarik perhatian hewan untuk melakukan penyerbukan. Bunga eelgrass menghasilkan serbuk sari berfilamen. Serbuk sari ini kemudian dilepaskna ke air dan menyebar mengikuti arus dan ombak. Eelgrass adalah tumbuhan perennial atau tahunan ( tumbuhan yang tetap hijau sepanjang musim ). Tumbuhan ini berkembang biak secara vegetative dengan akar rhizome dan dengan biji. Daerah tumbuhnya ditentukan oleh kejernian air dan adanya sinar matahari.
Ganggang adalah tumbuhan yang tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati. Tetapi memiliki klorofil. Sebagian besar hidup di di air tawar maupun air asin. Ganggang laut tumbuh di perairan dangkal sampai kedalaman 30 meter. Namun ada beberapa jenis ganggang yang hidup pada kedalaman 280 meter. Ganggang laut biasanya melekat pada benda padat seperti batu, karang, dll. Ganggang laut memiliki akar yang berfungsi untuk berpegangan pada benda padat.
Ganggang hijau dapat menghasilkan klorofil. Klorofil digunakan untuk berfotosintesis. Ganggang hijau hanya bisa hidup di laut dangkal karena sinar matahari dapat tembus sampai kedalaman yang dangkal.
Ganggang coklat mendapatkan warna cokelatnya dari pigmen warna yang disebut fukoxantin. Warna hijau – emas atau warna kopi berasal dari kombinasi pigmen dan pigmen lain yang menyerap sinar hijau – biru dari sinar matahari. Sargassum merupakan anggoa ganggang cokelat yang tumbuh mengapung bebas di lingkungan tropis. Di samudra atlantik, terdapat sekumpulan sargassum yang hidup mengapung bebas. Sebagian sargassum berkembang biak dengan seksual, tetapi ada juga yang secara fragmentasi.
Ganggang merah mendapatkan warna merah dari pigmen warna phycoerypthrin. Pigmen ini menutupi zat hijau daun sehingga yang muncul dan terlihat adalah warna merah. Sebenarnya ganggang merah ini memiliki klorofil hanya saja pigmen yang memantulkan warna merah dan menyerap warna hijau membuat warna yang terlihat merah muda atau merah – ungu. Ganggang ini bisa hidup di perairan yang hanya sedikit mendapatkan sinar matahari.
Bagi ekosistem laut, tumbuhan laut bermanfaat untuk :
1. Menciptakan struktur habitat yang lebih stabil,
2. Mengurangi dampak arus dan ombak yang sampai ke pantai, menstabilkan garis pantai, dan menciptakan perairan yang tenang tempat tersedianya bahan organic dan endapan,
3. Memberikan tempat tinggal bagi ikan maupun kerang muda,
4. Menjadi bahan organik sumber makanan,
5. Menciptakan habitat yang sangat berguna.

Tidak ada komentar: